Minggu, 27 Januari 2013

OS

banyak orang mengetahui sekarang apakah itu os. os atau yang kita tau adalah singkatan dari operating system (sistem operasi). ditulisan kali ini saya akan menggambarkan sedikit tentang sistem operasi tersebut. biasanya orang orang mengenal os hanya dalam konteks seperti windows linux mac os dll, memang itu adalah contoh contoh dari sistem operasi. tetapi apakah arti dari sistem operasi itu sendiri?

sisterm operasi adalah sebuah sistem dimana manusia dibantu untuk berinteraksi dengan komputer atau bisa kita bilang sebagai jembatan penghubung antara keduanya. dan fungsi dari sistem operasi itu sendiri adalah untuk mengatur serta mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai macam program aplikasi sesuai dengan keinginan penggunanya.

sistem komputer pada dasarnya terdiri dari 4 komponen utama yaitu :
 1. perangkat keras
2. program aplikasi
3. sistem operasi
4. user (pengguna).
melihat dari data tersebut dapat kita simpulkan bahwa sistem operasi merupakan bagian penting yang mendikung terjadinya sistem komputer. jika tidak ada sistem operasi maka tidak ada kecocokan dalam sistem komputer tersebut. dan di sistem operasi terdapat pula lapisan lapisannya, berikut adalah lapisan lapisan sistem operasi :
1. application (lapisan paling atas) : fasilitas (layanan) yang disediakan oleh sistem operasi untuk membantu programer dalam membuat (mengeksekusi) program.
2. input / output manajemen : berfungsi untuk melakukan manajemen terhadap tiap sumber daya / resource yang berkaitan dengan aplikasi ataupun trigger (action) yang dilakukan oleh user (pengguna).
3. device driver : berfungsi untuk menyediakan link / interface bagi sistem operasi dan hardware.
4. memory management : berfungsi untuk melakukan pengaturan (berkaitan dengan ruangan yang digunakan aplikasi) baik resource internal ataupun external.
5. CPU management : penjadwalan, pengeksekusian serta pencegahan terhadap proses proses yang terjadi pada seluruh program aplikasi termaksud os.
6. hardware (lapisan akhir) : berkaitan dengan lapisan device driver yang digunakan sebagai tahap akhir pemrosesan tugas dari aplikasi / sistem operasi.

demikian adalah sekilas tentang sistem operasi yang pernah saya pelajari, semoga berguna dan dapat bermanfaat dikehidupan anda terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar