Selasa, 25 Oktober 2011

pembludakan penduduk di indonesia

Kewarganegaraan
“Jumlah penduduk di Indonesia yang membludak”
Nandityo Adinugroho_55411101_1IA05

  I
ndonesia adalah negeri yang kaya akan sumber daya, baik itu sumber daya alam ataupun sumber daya manusia. Indonesia menjadi negara yang besar karena wilayahnya yang berbenuk kepulauan. Karena kondisi geografis dan banyaknya budaya membuat negara ini mempunyai banyak warga negara. Sehingga Indonesia menjadi negara terbanyak penduduknya nomor ke 4 setelah RRC, Amerika Serikat dan India. Tak benar juga jika dikatakan Indonesia menjadi negara yang berkehidupan kelas menegah ke atas, tetap negara ini adalah suatu negara berkembang yang sdang berusaha untuk menjadi negara maju. Karena itulah Indonesia masih belum layak diblang negara maju, karena salah satu syaratnya adalah penduduknya yang mempunyai kemampuan berpikir kedepan yang hebat. Penyebab Indonesia memiliki begitu banyak penduduk antara lain adalah karena faktor dari sumber daya manusianya.
            Kurangnya ilmu pengetahuan yang membuat kita tidak mengenal sebuah program yang disebut KB (keluarga berencana), membuat mereka pendudk indonesia menjadi salah satu korban kurangnya ilmu pengetahuan. Sebetulnya semua pembludakan penduduk yang terjadi di indonesia dikarenakan oleh SDM itu sendiri, mereka kurang mendapatkan ilmu pengetahuan dan mereka menjalani hidup apa adanya, lalu mereka berpikir untuk menikah muda atau cepat tetapi kurang memikirkan prospek kedepannya. Ketika mereka menikah kehidupan mereka hanya sebatas kehidupan sehari-hari saja tetapi tidak lebih. Kurangnya hiburan karena kehidupan yang pas pasan yang membuat para suami atau istri melakukan hubungan seks dan melahirkan anak. Kejadian ini semakin memperparah keadaan karena mereka harus mengurusi anaknya, lalu karena kurangnya hiburan untuk para orang tua mereka melakukan hal itu lagi lagi dan lagi. Belum lagi dikarena kan pemikiran jika punya anak banyak banyak rezeki. Belum tentu pepatah itu benar, karena semakin banyak tanggungan yangdibebankan kepada orangtua akan semakin sulit khidupan mereka. Karena itulah faktor paling penting dalam hal ini adalah pola pikir masyarakat dan kesadaran masyarakat itu sendiri.
            Jadi, kita dapat simpulkan penyebab terjadinya pembludakan penduduk yang ada di indonesia dikarenakan oleh SDM (sumber daya manusia) itu sendiri. Karena pola pikir mereka yang masih belum memikirkan masa depan dan kurangnya taraf hidup normal membuat mereka melakukan seks. Serta jangan lupakan tentang seks bebas yang terjadi pada remaja di Indonesia yang membuat kemunduran mental dan pikiran orang –orang kita. Solusi untuk bisa menatasinya adalah membenahi pola pikir dari masyarakat itu sendiri. Semakin baik pemikirannya semakin sadar pula masyarakat atas kehidupan mereka kelak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar