Minggu, 27 November 2011

Pengaruh social terhadap kehidupan sehari-hari

Ilmu sosial dasar

Pengaruh social terhadap kehidupan sehari-hari
Nandityo Adinugroho 55411101 1IA05

Di era globalisasi ini kehidupan kita akan sangat disibukkan dengan berbagai macam kegiatan dan kegiatan itu pula tidak hanya sekedar kegiatan tetapi kita selaku manusia sosial membutuhkan banyak bantuan oleh orang lain disekitar kita. Kegiatan yang kita lakukan itu juga berdampak atau memberikan pengaruh yang dinamakan pengaruh sosial. Pengaruh sosial ini pula bisa terjadi di kehidupan sehari hari. Lalu apakah pengaruh yang bisa kita dapatkan dalam kehidupan sehari-hari? Apakah itu positif atau negatif? Dalam tulisan ini akan dijelaskan pengaruh sosial terhadap kehidupan sehari-hari dalam sisi yang positif dan negatif.

Pertama, ini berkaitan dengan dampak positif tentang pengaruh sosial terhadap kehidupan sehari-hari. Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan ketika kita bergaul dengan banyak orang dan otomatis kita akan mempunyai banyak ilmu pengetahuan baik itu formal ataupun non formal (lifeskill). Banyak juga link-link yang akan kita dapat. Pengaruh sosial bagi kita bisa juga ketika kita berteman dengan orang, kita bisa mendapatkan sesutau yang positif ketika kita melakukan hal yang positif juga. Jadi ini semua tergantung bagaimana cara bergaul kita.

Kedua, kita bisa mendapatkan pengaruh yang negatif ketika kita bergaul dengan orang yang salah. Contohnya kita bisa saja menjadi seorang yang nakal ketika kita bergaul dengan orang yang nakal juga. Kita akan terpengearuh oleh pergaulan itu. Banyak sekali yang sudah terpengaruh negatif dikalangan muda seperti kita. Contohnya saja seks bebas, narkoba, bolos kuliah, balapan motor, bermain judi dan lain-lain.

Jadi, setelah kita mengetahui pengaruh sosial yang terjadi dikehidupan sehari-hari kita bisa memilih dan memilah pergaulan yang baik dan yang buruk yang akan berdampak pada kehidupan kita kelak, yang bisa membawa kita ke masa depan yang cerah ataupun suram. Oleh karena itu, marilah kita sadar dari sekarang jika kita masih memiliki masa depan yang harus kita kelola dari sekarang jika kita menyadari hal itu, kita pasti akan berada dijalan yang benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar